Layanan Pertanahan

Berita

Tautan Luar

KUNJUNGAN BAPAK MENTERI AGRARIA DAN TATA RUANG/KEPALA BADAN PERTANAHAN NASIONAL

Peresmian Renovasi Masjid AL-AMANAH dan Layanan Inovasi Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang

Selasa, 15 Desember 2015 Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang mendapat kesempatan dikunjungi oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Bapak Ferry Mursyidan Baldan. Pada kesempatan ini, diresmikan Renovasi Masjid AL-AMANAH. Masjid AL-AMANAH dibangun pada tahun 1998 dan diresmikan tahun 1999 oleh Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Bapak Drs. Hasan Basri Durin. Perlunya renovasi Masjid kali ini mengingat antusias jamaah yang sudah mulai tidak tertampung setiap pelaksanaan Sholat Jum'at. Renovasi kali ini merupakan renovasi kali kedua semenjak Masjid AL-AMANAH didirikan.

Setelah peresmian renovasi Masjid, Bapak Ferry Mursyidan Baldan juga meresmikan dan melepas motor layanan inovasi Delivery Service. Inovasi ini merupakan layanan antar sertipikat hak atas tanah langsung ke rumah Pemohon yang telah masuk kedalam kriteria layanan. Setelah melepas tim Delivery Service, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional didampingi Bapak Bupati Kabupaten Tangerang, Bapak Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten, Bapak Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang dan Direktur Utama Bank Jabar Banten (BJB), serentak menuju Pasar Cikupa untuk secara simbolis menyerahkan Sertipikat Hak Guna Bangunan Pedagang Kaki Lima (HGB-PKL). Sertipikat HGB-PKL merupakan tindaklanjut Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang atas Instruksi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional tanggal 08 Oktober 2015 Nomor 6/Ins/X/2015. Ini merupakan salah satu Program Nasional Paket Kebijakan Ekonomi ketujuh. Kita ingin mengsinkronkan antara kegiatan ekonomi non formal dengan lembaga keuangan formal (bank). Dalam kawasan penataan Pemerintah Daerah (Pemda),” ujar Bapak Ferry Mursyidan Baldan saat memberikan keterangan kepada wartawan.

Lebih lanjut, Bapak Ferry Mursyidan Baldan menjelaskan bahwa dengan sertipikat HGB yang dimiliki, Para Pedagang Kaki Lima tersebut dapat mengembangkan usaha dengan jaminan HGB tersebut.

HGB yang bapak dan ibu miliki ini digunakan untuk modal usaha, jangan digunakan untuk modal kawin lagi ya,” canda Bapak Ferry Mursyidan Baldan kepada para penerima sertipikat.

Untuk besaran pinjamannya, Bapak Ferry Mursyidan Baldan mengungkapkan bahwa Bank Jabar Banten (BJB) yang akan menghitung sesuai dengan kemampuan calon kreditur. “Berapa besarnya serta berapa lamanya waktu peminjaman akan ditentukan sesuai kemampuan dengan angsuran harian,” jelas Bapak Ferry Mursyidan Baldan.

Selanjutnya Bapak Ferry Mursyidan Baldan, bergegas menuju rumah Bapak Hasim yang terletak di Desa Sukabakti, Kecamatan Curug untuk menyerahkan sertipikat hak atas tanah yang diantar langsung oleh tim Delivery Service. Pada kesempatan kali ini Bapak Ferry Mursyidan Baldan didampingi Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar, dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang menyerahkan secara langsung Sertipikat Hak Milik kepada Bapak Hasim. Tampak Bapak Hasim sangat terharu, bahagia sekaligus bangga atas layanan Delivery Service Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang. Selain diantarkan kerumah, sertipikat juga langsung diserahkan oleh Bapak Menteri. "Terima kasih sudah diantar sertipikat saya, semoga pak menteri dan pak bupati selalu diberikan kesehatan".

Rangkaian Acara belum berhenti di rumah Bapak Hasim, selanjutnya rombongan menuju Rumah Layanan Pertanahan Terpadu Satu Atap (PTSA) untuk meresmikan dan mengukuhkan Relawan Pertanahan. Rumah Layanan Pertanahan Terpadu Satu Atap (PTSA) adalah Rumah yang digunakan untuk Layanan Pertanahan Terpadu bertempat di Kelurahan Sukabakti, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang berupa sumbangan dari Relawan Pertanahan yang bersifat Pinjam-Pakai. Pada Rumah Layanan ini masyarakat dapat dilayani :

  1. Pengurusan Sertipikat Tanah;
  2. Pengurusan Alas Hak;
  3. Pengurusan Akta Tanah;
  4. Setor  Tarif Layanan;
  5. Setor BPHTB;
  6. Desa Online.